PENGALAMAN TES CPNS BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) RI TAHUN 2017

by - September 18, 2018




Karena berbagi itu indah, izinkan aku menjabarkan perjalanan hidupku menuju Badan Pemeriksa Keuangan RI (serius amat hahaha). Doa yang wajib dan terpenting adalah mudah-mudahan sharing ini bermanfaat untuk yang membutuhkan yaaa :’)
Postingan ini akan sangat panjang, jadi posisikan duduk seenak mungkin, oke? Checkitdot!
The most important things before joining the test is choose the position you like to sit in based on your passion, karena pada umumnya begitu keterima menjadi PNS itulah yang menjadi pekerjaan kita sampai pensiun nanti, kecuali kalau memang mau menjadi penggembira aja hehehe.

Siapkan mental dulu untuk bersedia dipindah setiap kurang lebih 5 tahun, ke daerah terpencil, ke domisili, maupun di kantor pusat begitu seterusnya. Ingat baik-baik, jangan sampai tuntutan pekerjaan ini mengganggu keharmonisan rumah tangga dan keluarga cemara yaaa wkwkw. Nggak jauh-jauh dari pengalaman auditor, disini juga tetap melamar menjadi pemeriksa. Tahapan seleksi di bawah ini untuk semua formasi yang di buka oleh BPK RI. CUS!!

1.   Seleksi Administrasi
Dokumen yang diunggah tahun 2017; KTP, Pas foto, transkrip nilai, ijazah, akreditasi universitas, dan surat pernyataan bermeterai yang diungguh lewat sscn.bkn.go.id.
Berkas kita harus sesuai dengan apa yang disyaratkan, misal ukuran file harus pdf/jpg, ukuran pas foto harus 300kb atau background foto harus biru, pastikan seteliti mungkin karena berdasarkan informasi dari bagian SDM kebanyakan gagal administrasi karena tidak memenuhi syarat hal-hal yang dianggap sepele. Kalau ada yang kurang lengkap, biasanya ada pengumuman untuk unggah dokumen ulang.

2.    Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
Menjadi 9 lokasi ujian: Jakarta, Makasar, Medan, Palembang, Banjarmasin, Papua, Denpasar, Manado, dan Pekanbaru. Tes ini peserta di wajibkan kemeja putih polos dan rok hitam plus sepatu formal ala anak magang. Seleksi kompetensi dasar menggunakan computer assisted test (CAT) melalui laptop yang sudah di sediakan oleh panitia dan materinya disusun oleh BKN. Yang mengerikan adalah nilai yang 
kita dapat langsung banget keluar setelah klik submit. Alhamdulillah banget udah sepasrah itu gw ga mau liat nilainya ternyata yang keluar 383 dari standarnya 298. (Tabel komponen standar kelulusan 298 ada dibawah)Tiga rangkaian tes dibawah terdiri dari 100 soal dengan waktu 90 menit. Tes apa aja?

a.    Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
TWK diujikan untuk menilai pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai pilar kebangsaan :
1)   Pancasila,
2)   Undang-undang Dasar 1945, 
3)   Bhineka Tunggal Ika, 
4)   NKRI (Sistem tata negara Indonesia, Pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia, Kemampuan berbahasa Indonesia)
Karena suka mendengar daripada membaca, banyak dengerin youtube tentang perjuangan sejarah Indonesia dari masuknya islam sampai dengan isu pemerintahan saat ini, buku latian soal dan materi justru enggak terlalu dalam karena pada saat itu masih berstatus employee di Deloitte. Yang terpenting adalah lakukan dengan ikhlas, belajar tanpa banyak berharap pengembalian dari Allah, kalaupun belum rejekinya keterima, setidaknya itu bisa jadi tambahan ilmu dan ibadah buat kita. Ohiya, kalau mau latian soal (600 LEMBAR LOH) soal TWK bisa drop email di comment atau dm langsung ke ig ya.
atau bisa juga buka di link dibawah ini :

bit.ly/tescpnsBPK

soal 600 page yang gw bilang diatas ada di file Kumpulan Soal TKD. Daripada pusing ya kan baca in buku sejarah berkali-kali nguap :(

b.    Tes Intelejensi Umum (TIU)
Nah, TIU ini semacam waktu kita ikut SBMPTN SNMPTN (ketauan belum move on nih hahaha) untuk menilai intelegensi berupa analisa numerik, verbal, serta berpikir logis. 
1)   Analisa verbal itu tes sinonim, antonym, padanan hubungan kata, dan pengelompokan kata.
2)   Analisa numerik meliputi tes aritmatika, tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka, dan tes angka dalam cerita.
3)   Analisa Berfikir logis dan analisis berupa tes logika umum, tes analisa pertanyaan, tes kesimpulan silogisme, dan tes logika cerita.
Tips : yakin ini tes udah pada luar kepala, mungkin tantangannya adalah memperhatikan durability setiap kali latian, stopwatc dan tingkat soalnya dipersulit biar semakin mantap..

c.    Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
TKP itu tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian dalam aspek kognitif dan emosi:
1)   Integritas diri
2)   Semangat Prestasi
3)   Orientasi pada pelayanan (namanya juga PNS)
4)   Kemampuan beradaptasi
5)   Kemampuan mengendalikan diri
6)   Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
7)   Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
8)   Kemampuan bekerja sama kelompok
9)   Menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
10)Orientasi pada orang lain
11)Kreativita dan inovasi
Tips : tes yang menurut beberapa orang paling membantu dengan memiilih bagaimana kondisi ideal ketika dihadapkan dengan beberapa poin diatas.

Standarisasi SKD=> Nah untuk tahun 2017, ambang batas nilai SKD seperti di bawah ini (bisa banget berubah setiap rekrutmen). Meskipun akumulasi nilai totalnya tinggi, tapi kalau ada salah satu yang tidak lulus maka tetap tidak lulus. Tapi belum tentu juga yang mendapatkan nilai ambang batas itu bisa mengikuti tes selanjutnya, karena kuota yang berhak mengikuti tes selanjutnya adalah jumlah 3x formasi. Jadi kalau misal nih lowongan 100 orang, 300 orang dengan nilai teratas yang akan mengikuti tahapan selanjutnya. Nah, ada perbedaan nih untuk ketentuan cumlaude dan umum, kalau cumlaude boleh salah satu tidak lulus tapi diakumulasi totalnya. Memang sih saingian umum lebih WOW!


Skor per 1 soal adalah 5 dan tidak ada penilaian minus untuk jawaban yang salah, kecuali TWK diurutkan berdasarkan jawaban yang tepat dari poin 1-5. 

3.    Seleksi Kemampuan Bidang (SKB)
Setelah dikatakan lulus SKD, tahapan selanjutnya Seleksi Kemampuan Bidang. Seleksi ini bisa jadi beda dengan kementerian dan instansi lainnya, bisa jadi mengujikan materi sesuai bidangnya seperti akutansi. Tapi, alhamdulilahnya di BPK ngga ada nih tes akutansi/ jurusan asal kita.

Seleksi ini terbagi dalam 2 hari berturut-turut, Tes Psikologi + Psikiatrik.
Tertulis di hari pertama sedangkan LGD + Wawancara di hari kedua.
a.    Tes Psikologi + Psikiatri lengkap banget dari tes koran, logika matematika, verbal, spasial, menggambar pohon rumah, menceritakan positif negatif kita sampai tes MMPI. Kalau ngga salah ingat urutannya begini:
     - isi biodata diri dan karakter diri
     - kraeplin
     - LOG - tes cerita logika dengan isian LJK (lupa soal berapa)
     - TUV - tes cocokin pola gambar dengan isian LJK (34/35 soal)
     - EPPS - tes kepribadian isian LJK 225 soal
     - Wartegg - tes gambar 8 kotak melanjutkan titik/garis yang sudah ditentukan
     - Draw a man, draw a tree
     - Menulis essay pengalaman hidup 12 baris
     - Tes MMPI atau kesehatan jiwa/rohani 567 soal

b.    Tes hari kedua adalah LGD+Wawancara, nah semua yang ikut tes hari pertama harus ikut tes di hari kedua untuk cross check hasil ujian psikologi dan psikiater kita. LGD kita dibagi menjadi beberapa kelompok dan memecahkan kasus berkaitan dengan auditor. Setelah itu, wawancara dengan psikolog seputar kepribadian dan pengalaman selama ini, latar belakang, dan ya sewajarnya interview kerja gitu (drop comment or catch me on ig kalau mau tanya lebih dalam ya).

Ohiya teman-teman, banyak yang minta soal SKB, kebetulan aku ngga ada buku khusus untuk SKB baik hardcopy maupun softcopy. Waktu itu, karena keterbatasan waktu sambil kerja, aku banyak googling aja menjawab satu per satu tesnya seperti draw man tree (latihan gambar dengan timer tanpa menghapus dan rapiih). Begitu juga dengan warteg test. 
Untuk kraeplin, aku print dan latihan dengan timer. Jadi, bagi yg minta contoh soal atau latihan SKB, maaf sekali ngga punya ya teman-teman. Ada pun cuman buku psikotes di Depok, sementara posisi sudah dipenempatan di luar Jawa.


    Perlu diketahui bahwa tes seleksi masuk Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia pada tahun 2017 tidak menggunakan tes bahasa inggris maupun persyaratan menyerahkan toefl ielts semacamnya. So, dont be worry wkwk 

4.    Pengumuman & Pemberkasan
Menegangkan memang, pengumuman diakses dengan sinyal yang kritis karena lagi stock opname kelapa sawit di Borneo, pasrahnya tingkat dewa dan ngcheck baru hari selanjutnya. Meskipun ranking turun drastic di akumulasi SKD dan SKD….tapi lulus pun sudah sangat bersyukur. Sangat merasa bahwa, 50% lebih rejeki ini adalah hasil kerja tangan-tangan tak terlihat berkat doa Ibu. Percaya ngga bahwa doa ibu itu bisa mengalahkan segalanya termasuk yang tidak masuk akal? Pertama, tes SKD dijadwalkan jam 14:00 tapi karena jam karet jadi pengerjaan tes di mulai pukul 22:00, kami menunggu selama itu tanpa alat komunikasi, gemetar kelaparan (wkwk), ngga fokus gabisa mikir dan ternyata hasil nilai CAT yang keluar tak terduga banget. Sampai rumah jam 01:00 dini hari dan dikira hilang karena hp di sita. Sedih ya :’)

Nah, akhir kesimpulan nih, semacam statistik/ gambaran pelamar CPNS BPK tahun 2017 dari seleksi administrasi sampai akhir. Semoga bermanfaat!


 sumber : cpns.bpk.go.id 


Semangat untuk teman-teman semua yang sedang dan akan berjuang melawan kejamnya perebutan kursi PNS di BPK. (yaampun bahasanya). Calm down, gausah pikirkan saingan (ini menghambat kelancaran berpikir dan memberatkan mental), rejeki tidak akan tertukar. Jangan biarkan ada waktu yang terbuang sia-sia tanpa digunakan untuk usaha, dan banyak-banyaklah merayu Sang Khaliq.
Doa Ibu juga jangan lupa <3



You May Also Like

145 comments

  1. Replies
    1. sama sama syarifah, goodluck for you

      Delete
    2. Alhamdulillaah... Terima kasih banyak ka sdh mau sharing mengenai materi skb utk cpns bpk...🙏🙏

      Delete
    3. Boleh share kontak IG nya ka..

      Delete
    4. Kak, IG nya apa, saya peserta SKB BPK d Thun ini.
      Mau tnya2 boleh kak ?

      Delete
  2. Assalamualaikum, boleh tanya-tanya tentang CPNS di BPK RI lebih lanjut?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum. Boleh bagi soal soal nya kak. Karena baru pertama kali ikut daftar di BPK. Email permanadian329@gmail.com. Terima ksih kakak atas ilmu dan sudah bagi pengalamannya. Sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, boleeeh, saya kirimkan ke email ya

      Delete
    2. Saya juga mau dong kak dikirim email... najwamnahira@gmail.com. terimakasih kak 🙏🙏🙏🙏

      Delete
    3. Saya juga mau kak, tolong kirim ke rifkymuhammad@gmail.com. terima kasih kak

      Delete
    4. saya juga kak..
      aku mnta tolong dikirim kak
      martharosalina13@gmail.com
      makasih kak

      Delete
    5. Saya juga kak minta tolong dikirim kak ke darabella89@gmail.com
      Terimakasih kaakk😊

      Delete
    6. Salam :)
      kalau berkenan, saya juga mau kak dikirimi soalnya.
      prasetiantyi@gmail.com
      Terima kasih kak

      Delete
    7. Saya juga mau dikirimin soal SKD nya kak. sanggupsihaloho@gmail.com

      Delete
    8. saya mau kak, kirim ke sini aja kak widuri.widuri93@gmail.com
      terimakaish

      Delete
    9. siang ka, saya mau juga ka kalau boleh kirim ke keziahillary.kh@gmail.com makasiii

      Delete
    10. Saya juga mau dong ka, boleh kirim ke nonisaraswatisudiarjo@gmail.com makasih

      Delete
    11. Halo, kak thanks for sharing. aku bisa minta latihan soalnya? hehehe emailku: julipongoh13@gmail.com
      Thanks kak

      Delete
    12. Aslm kak riska putri yg cantik salam kenal .. mau jg kak dikirim soal2 jika berkenan ini email saya muhandies.bertilia@gmail.com terima kasih sebelumnya kak

      Delete
    13. Jika berkenan, mohon berbagi contoh soal ya kak ke email putriokta1998@gmail.com
      Terimakasih sebelumnya kak

      Delete
    14. Halo kak,mksh udah sharing ilmu nya,saya juga mau soalnya kak, boleh dikirim ke email lailatulqadri101@gmail.com , mksh kakka

      Delete
    15. Terima kasih banyak atas sharingnya kak. Kalo boleh, saya juga mau contoh soalnya kak. mohon dikirim ke tsyam1510@gmail.com terima kasih sebelumnya kak🙏

      Delete
    16. teriakasih banyak atas sharingnya ka, boleh saya minta soalnya juga ka terimakasih mardianatiarap@gmail.com

      Delete
    17. Assalamu'alaikum kak riska, salam kenal kak...jika berkenan boleh bagi soal2 nya ke email saya kak AndrihumalaSiagian@gmail.com terimakasih sebelumnya kak🙏

      Delete
  4. Terima aksih ya atas sharingnya yang bermanfaat (Khususnya contoh2 soal cpns di google drivenya, semoga tidak dihapus dulu). Mbak ambil formasi apa dulu? kali ini saya mau tes di BPK formasi Pemeriksa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ambil formasi pemeriksa pertama jugaa Naseer

      Delete
  5. Assalamualaikum kak. Terima kasih atas sharingnya kak.
    Boleh bagi soal-soalnya tidak kak. Email ku raniaprillia052@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya kak, sukses selalu untuk kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo.. boleh rania, ditunggu ya. semoga bermanfaat :)

      Delete
  6. Assalamualaikum kak, tulisannya bagus, suka sama quote nya :) , makasih kak udah ngeshare pengalamannya. Aku boleh dong mnta soal2 latihannya (alvanfidel@gmail.com). Makasih lagi sebelumnya kak, Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, sama sama Alvan. boleh, ditunggu emailnya. good luck for you ya!

      Delete
    2. Ka trima kasih atas sharingnya ya. Ka boleh kirim ke email materi SKBnya ka? vikaxsys@gmail.com. Trima kasih sebelumnya ya ka.

      Delete
  7. ass.wr.wb.. terima kasih atas sharingnya kak, aku mau dong kak soal-soalnya.. ini emailku ya kak essy_bebek@rocketmail.com
    Terima kasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam wr wb, boleh, ditunggu emailnya..

      Delete
  8. Assalamualaikum kak, apakah boleh saya minta latihan soal-soal. Kalau berkenan saya minta tolong dikirim ke rusianarahayu19@gmail.com. terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam Rusiana, boleh. ditunggu ya, sukses!

      Delete
  9. Slmt siang Kak, salam kenal ya. Sy ruth dr jkt, apakah jk berkenan bs meminta soal2 latihannya? Ke ruthfloridahtb@yahoo.com
    Terimakasih ya....

    ReplyDelete
  10. Selamat sore kak. Saya Ajeng. Jika kakak berkenan boleh saya minta tolong dikirim ke ke email saya akdajeng@gmail.com untuk soal2 cpnsnya? Terima kasih.. semoga sukses dan sehat selalu untuk kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore juga ajeng, boleh. ditunggu yaaa. aamiin sukses juga buat ajeng

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Hallo kak, senang sekali bisa mampir dan baca pengalaman kakak, kalo boleh saya mau dong kak contoh soalnya hehe,emailnya ini ya kak nilaasmalasarii96@gmail.com, terimakasih banyak kak buat sharing pengalamannya sukses selalu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo lala, aamiin makasih ya, sukses juga buatmu! ditunggu ya emailnya

      Delete
  13. Hallo kak, senang sekali baca pengalaman tes cpns bpk nya.. kakak saya mau contoh2 soalnya dong buat latihan hehehe ya kakak biar bisa ketemu kakak di BPK Aamiin luzarid13@gmail.com
    terima kasih kak

    ReplyDelete
  14. Halo kak boleh minta soal soal tes cpnsnya kak? Jika berkenan mohon dikirim ke alamat email ini yah kak rikanabrillian1@gmail.com terimakasih kak sukses selalu yaa ����

    ReplyDelete
  15. Makasih uda mau sharing pengalamannya kak.. boleh minta contoh soal2 buat latihan kak? Kirim ke imeldhaa07@gmail.com 😙☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallooo kakak bs dikirim ke email dwirastitiretno@gmail.com semoga terbaca ya 😊

      Delete
  16. makasi udah sharing pengalamannya mas, mau tanya untuk tes skb itu butuh persiapan apa aja ya? boleh share soal2 yg dipelajari? tks

    ReplyDelete
  17. Selamat Pagi mbak,. Makasih udh sharing mslah penglamannya test di BPK,. Mbak, apakah saya boleh mnta kisi2 yg harus d pelajari d test SKB BPK?? Ataupun skedar tnya2 perihal test SKB BPK?? Ini email saya mbak, andrianto.deny42@gmail.com makasih bnyak mbak atas kebaikannya,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh kalau skb ga ada materinya, adanya yang SKD aja. skb semacam psikotes pada umumnya, gambar orang, pohon, numerik, spacial, MMPI kepribadian, begituuu

      Delete
  18. Pagi mbak, utk test kesehatan apakah ada di BPK? Utk TB dan BB apakah harus sesuai dengan BMI . Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah nanti lolos, diminta untuk melampirkan surat kesehatan jasmani dan rohani, tapi dipertimbangkan BMI atau tidaknya, spertinya belum pernah denger issue itu mba/mas :(

      Delete
  19. Siang ini baru aja tes SKD di BKN Jakarta, dapet hasil 385. Itu udah nilai aman blm ya kak kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah selamat ya, proyeksi hasil SKD tahun 2018, nilai range 385 dan sekitarnya masih sangat aman untuk ke tahap selanjutnya. semoga lolos ya

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  20. assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh
    mba.. boleh share contoh kasus lgd nya tidak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam ranti, kalau pengalaman 2017 lalu menentukan auditor teladan dari case yang udah dikasih penilai. berdasarkan sifat dan cerita masing masing tokoh

      Delete
  21. Makasih kak share ilmu Dan pengalamanya :)

    ReplyDelete
  22. Hai kak Riska, thank you for sharing. Aku juga lagi ikut test CPNS di BPK tahun ini. Saya boleh tanya seputar test SKB kah? Mohon bantuannya ya kak, jika boleh kesediaannya email saya di sannytampubolon@gmail.com . Terima kasih kak :)

    ReplyDelete
  23. Halo kak riska. Perkenalkan aku novia. Sebelumnya terima kasih untuk informasinya kak. Aku mau nanya nih kak. Kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemeriksa di BPK itu apa aja ya kak? (Misalnya : inisiatif tinggi, cekatan, dsb). Terima Kasih kak ❤

    ReplyDelete
  24. Selamat pagi kak, terima kasih ud sharing ilmu dan pengalamannya, sangat bermanfaat kak. Jika kakak berkenan, boleh saya minta soal-soal latihannya kak? dan menanyakan perihal tes SKB via email kepada kakak? Email saya Kxhristian@gmail.com. Terima kasih banyak kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, sayang sekali buku latihan soal SKBnya ada di Depok, dan saya sudah mutasi ke luar jawa. Engga ada soal di softcopynya.. maaf ya

      Delete
  25. Hallo kak, boleh di share soal soal skb nya untuk bahan latihan skb sebentar lagi,hehe.kalo boleh ke email ini ya kak gianprat123@gmail.com, terimakasih banyak kak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, sayang sekali buku latihan soal SKBnya ada di Depok, dan saya sudah mutasi ke luar jawa. Engga ada softcopynya. maaf ya, goodluck!

      Delete
  26. Permisi, terimakasih sudah sharing pengalamannya kak. Jika berkenan boleh minta contoh soal2nya utk skb bpk? titoagungprak@gmail.com terimakasih banyak

    ReplyDelete
  27. Halo kak, terima kasih sudah sharing. Bisa minta contoh soal SKB di BPK? Bisa dikirim ke kaisha.hikari@gmail.com makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, sayang sekali buku latihan soal SKBnya ada di Depok, dan saya sudah mutasi ke luar jawa. Engga ada softcopynya. maaf ya, goodluck!

      Delete
  28. hallo, ini maksudnya soal soal terkait teknis/prakteknya kah atau kaitannya dengan SKB? Kalau kaitannya dengan SKB, kebetulan ngga ada softcopynya dan bukunya ditinggal di homebase. maaf yaa

    ReplyDelete
  29. Mau tanya kak, kalau untuk formasi fungsional seperti Pranata Komputer apakah tes SKB nya sama seperti yang kakak ceritakan ya? Atau berbeda sesuai dengan bidang/formasi masing masing? Terimakasih sebelumnya 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Anggit, kebetulan dlu hanya dibuka formasi pemeriksa pertama dan kaitannya sama psikolog, kurang tau untuk yang pranata komputer. Maaf yaa, goodluck!

      Delete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Selamat siang kak, perkenalkan saya Adit. Mohon dibantu share terkait pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan saat wawancara dan kasus seperti apa yang diangkat saat LGD? Terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang, bisa pm via mail riska.ph@gmail.com atau via ig @riskaph ya, terimakasih

      Delete
  32. Terimakasih atas sharing pengalaman yg sangat bermanfaat kak Riska ...
    Minta batuannya share kumpulan soal CPNS BPK ke emailku yaa di wajipangestu@gmail.com

    SUKSES TRUSS KAK RISKA

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini maksudnya SKD kah? karena kalau SKB kebetulan ngga ada soft copynyaaa

      Delete
  33. Assalamualaikum Mba., barangkali berkenan saya ingin bertanya ttg skb bpk via ig. Terima kasih

    ReplyDelete
  34. Terima kasih atas sharingnya kak, sangat bermanfaat dan membantu :) boleh tau kah kak, untuk SKB kakak belajar dari buku psikotest apa ya? barangkali kakak ingat nama pengarang atau penerbitnya... Terima kasih sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallooo, sepertinya sudah menghubungi via ig yah? saya jawab di ig aja ya :D

      Delete
  35. kak boleh dikasih info juga ga tentang skb bpk dan rekomendasi materi atau buku yang harus dipelajari ? boleh nanya di ig juga ga ? ig saya Haditio17

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum kak, Saya jg mau minta soal2nya jika berkenan kak...nama e maik sy, sultan4kib@gmail.com
    dan kalau boleh tau nama Ig kk apa? sy2 mau tnya2 kak, kalau kk tdk kberata.
    Wassalam

    ReplyDelete
  37. Hi pee..
    Thank you for sharing,seneng denger nya, seneng bacanya..
    Bermanfaat sekali..
    Bahagia dan sehat selalu yaa 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hesti, ternyata kamu membacanya wkwkwk
      terimakasih yaaa.. sukses selalu buatmu
      semoga tetap menjadi sahabat, till jannah

      Delete
  38. Assalamualaikum kak, saya bella , jika berkenan saya minta latihan dan materi soal nya kak boleh?
    Ke darabella89@gmail.com
    Terimakasih kak sebelumnya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam bella, di link gdrive di atas itu ngga bisa dibuka kah? saya email ya

      Delete
  39. Thanks for sharing kak..
    But, please comment ignya dong kak and share soalnya ya hehe
    ferdianandreas224@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf banget baru respon setelah hampir satu tahun ngga buka ini. okhay okhay ditunggu

      Delete
  40. Terima kasih, informasinya memotivasi banget dan bermanfaat. Bisa soalnya dikirim ke goesdito58@gmail.com terima kasih mbak

    ReplyDelete
  41. Makasi sharingnya kak..utk soal2nya bs minta dibagi ke email saya kak cahyaarumperdana89@gmail.com
    Saya pengen sekali masuk BPK..terimakasih byk kak

    ReplyDelete
  42. Halo kak terimakasih telah sharing , kak boleh ga saya mau minta soalnya email saya yuda070400@gmail.com terimakasih banyak kak sebelumnya

    ReplyDelete
  43. Hallo kak Riska Putri :), terimakasih telah berbagi pengalamannya sangat bermanfaat sekali. Jika berkenan mohon bagi soal-soalnya melalui email saya qari.islami98@gmail.com
    Terimakasih kak

    ReplyDelete
  44. Halo kak Riska. Sebelumnya terima kasih untuk sharingnya sangat bermanfaat. 😊
    Lalu mengenai formasi itu kak, berarti pelamar dr jurusan selain yg dibutuhkan nggak bisa melamar ya atau gimana kak?

    ReplyDelete
  45. Halo, Kak Riska Putri. Terima kasih telah berbagi pengalaman yang begitu memotivasi saya tuk semangat mengejar cita-cita menjadi seorang auditor di BPK. Jika Kak Riska berkenan, bolehkah saya meminta latihan soal CPNS? Mohon kirim ke email farhanhilmimubarok17@gmail.com ya, Kak. Semoga sukses dan sehat selalu

    ReplyDelete
  46. Hi, Kak Riska. I love reading your experience. Sangat memotivasi dan informatif. Btw jurusan kakak apa kak?

    ReplyDelete
  47. Halo kak, makasih sharingnya bermanfaat sekali. Kenalin kak saya Ahkam, Salam kenal ya kak. Kak, saya mau juga dikirimin soal skdnya yg kakak ceritain itu hehehe jika berkenan bisa dikirim ke email ahkamamir5@gmail.com . Terima kasih banyak kak.

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum kak Riska makasih untuk sharing pengalamannya dalam perekrutan BPKnya ia.
    Tulisannya enak di baca dan bikin tambah termotivasi untuk join ke BPK juga.

    Oh ia kak boleh saya minta contoh soalnya Ndak kak..
    Ini email saya yah

    andif244@gmail.com

    Dan Terimakasih banyak yah kak

    ReplyDelete
  49. Terimakasih kak utk sharingnya. Ohiy kak, boleh ndak sy minta cth soalny?

    Ini email sy kak @alyakhoir26@gmail.com

    Makasih kak:)

    ReplyDelete
  50. Halo Kak Riska, terima kasih untuk sharing nya sangat bermanfaat dan menginspirasi. Oh iya kak boleh tidak saya minta contoh soal SKD nya jika kakak berkenan.

    Ini email sy kak indra.wiguna89@gmail.com

    Terima Kasih Kak.

    ReplyDelete
  51. Selamat sore mbak jika berkenan, boleh saya dikirimkan contoh soalnya mbak? Ini email saya nindilupita11@gmail.com

    ReplyDelete
  52. selamat malam kak, thanks udah share pengalamannya bolehkah minta salinan contoh soal SKD nya. Terimakasih
    ini email saya kak; rizalpamungkas06@gmail.com

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum kak, terima kasih untuk sharing nya sangat bermanfaat. jika berkenan saya minta latihan dan materi soal nya kak boleh?
    Ke iindahpertiwii@gmail.com
    Terimakasih kak sebelumnya😊

    ReplyDelete
  54. Pemaparannya sangat informatif dan membantu. Mohon ijin Copas filenya y mbak. Besok klu lolos tak cari buat berterima kasih secara langsung. hehe.

    ReplyDelete
  55. Nama ig nya apa ya kak, oiyaa informatif banget narasinya. Boleh minta soal2 skd nya kak. arniwati.stat@gmail.com

    Terima Kasih sebelumnya kak. Semoga kita semua dalam kebaikan amiin

    ReplyDelete
  56. Nama ig nya apa ya kak, oiyaa informatif banget narasinya. Boleh minta soal2 skd nya kak. arniwati.stat@gmail.com

    Terima Kasih sebelumnya kak. Semoga kita semua dalam kebaikan amiin

    ReplyDelete
  57. halo kak, boleh minta soal-soal SKD nya kak. terimakasih sebelumnya kak niacarmila05@gmail.com

    ReplyDelete
  58. Terimakasih kak rizka atas sharing pengalaman nya.
    Saya boleh minta soal soal SKD dan SKB nya mba? Jika berkenan, bisa dikirim ke email saya alham.latibo91@gmail.com

    Terima kasih kak. Barakallahu Fiikum

    ReplyDelete
  59. Assalamualaikum kak rizka, terima kasih sudah sharing pengalaman nya.
    Saya boleh minta soal soal SKD dan SKB nya kak? Jika berkenan, bisa dikirim ke email saya dindalstr63@gmail.com

    Terima Kasih kak.

    ReplyDelete
  60. Selamat siang Kak Rizka, semoga dalam keadaan sehat. Terima Kasih Sharing terkait pengalamannya. Jika berkenan, bolehkah saya tahu akun IG atau medsos kakak yang lain?.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  61. Halo kak, terimakasih udah sharing pengalaman nya kak, berharga banget buat saya, makasih banyak.
    Dan kalau berkenan, boleh ga kak saya minta juga latihan soal dan materi skb? Kalo boleh ini email saya kak
    ar.muzaqi@gmail.com
    Makasih banyak ya kak

    ReplyDelete
  62. Bantu kirim juga donk min,, soal2 atau bahan lengkap nya, soalnya saya baru pertama kali tes BPK. Bantu kirim via email ya @moelhonda517@gmail.com.makasih sebelum nya😇

    ReplyDelete
  63. Halo kakak yg baik,,mau juga dong kak,,soal2nya,,boleh tolong di email di @firmarani1@gmail.com

    Makasih kakak sebelumnya,,😀

    ReplyDelete
  64. Assalamualaikum
    Halo kak
    Minta dikirimkan jg soal2 SKBnya dong kak
    Email afdhaluljannahh@gmail.com

    Makasih ya kak sblumnya🙏🏻☺️
    Smoga sukses selalu

    ReplyDelete
  65. Assalamualaikum
    Halo kak
    Minta dikirimkan jg soal2 SKBnya dong kak
    Email afdhaluljannahh@gmail.com

    Makasih ya kak sblumnya🙏🏻☺️
    Smoga sukses selalu

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum
    Halo kak
    Minta dikirimkan jg soal2 SKBnya dong kak
    Email afdhaluljannahh@gmail.com

    Makasih ya kak sblumnya🙏🏻☺️
    Smoga sukses selalu

    ReplyDelete
  67. halo kak, boleh share dong contoh soal2 SKB yang kakak pelajari. email saya arniwati.stat@gmail.com

    Trims kak

    ReplyDelete

  68. Assalamualaikum wr. wb, kak,
    Kakak, terima kasih telah sharing ilmu dan pengalamannya kak. Berkah selalu ilmu kakak.
    Salam kenal kak,
    Izin tanya kak,, Boleh bagi soal soal nya kak? Email saya : nuzlaabidin@gmail.com.
    Terima kasih sebelumnya kak 🙏🏻😇😇

    ReplyDelete
  69. Hai kaaa
    Boleh tau ushername instagram nya ka? Hehehe

    Mau tanya tanya info SKB BPK 🙏

    ReplyDelete
  70. Hai kak Riska cantik ,
    Terimakasih atas sharing pengalamannya kk yang sangat membantu bagi kami2 ini,
    Kak boleh bagi soal soal nya kak? Emailku: kevintnatant@gmail.com.
    Semoga kk masih aktif ngeblog dan membaca ini :)

    ReplyDelete
  71. Makasih uda mau sharing pengalamannya kak.. boleh minta contoh soal2 buat latihan kak? bisa tolong di email ke anggraenidepa@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  72. makasih uda mau sharing pengalamannya kak.. boleh minta contoh soal2 buat latihan kak? bisa tolong di email ke Dexametasoni98@gmail.com

    ReplyDelete
  73. Makasih udah share kak, boleh tau nggak kak, waktu tepat kraplin, tepat gambar orang dan pohon kira2 waktu yg di berikan sekitar berapa kak?

    ReplyDelete
  74. Halo kak, terima kasih telah sharing..
    Kalau kakak berkenan, saya boleh minta contoh soalnya?
    Email saya robianggara01@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  75. Halo Ka Riska, terima kasih atas sharing dan informasinya,mohon doanya semoga saya bisa jd junior kakak di BPK aamiin, ka boleh minta contoh2 soalnya? Boleh dikirim ke dimexofb@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  76. halo kak, boleh minta akun IGnya? kebetulan saya ikut cpns BPK tahun ini, ingin tanya tanya mengenai SKB:) terimakasi sebelumnya kak

    ReplyDelete
  77. halo kak, boleh minta akun IGnya? kebetulan saya ikut cpns BPK tahun ini, ingin tanya tanya mengenai SKB:) terimakasi sebelumnya kak

    ReplyDelete
  78. halo kak, boleh minta akun IGnya? kebetulan saya ikut cpns BPK tahun ini, ingin tanya tanya mengenai SKB:) terimakasi sebelumnya kak

    ReplyDelete
  79. halo kak, boleh minta akun IGnya? kebetulan saya ikut cpns BPK tahun ini, ingin tanya tanya mengenai SKB:) terimakasi sebelumnya kak

    ReplyDelete
  80. Halo boleh dikirim materi SKBnya kak ke doctor.fdm@gmail.com

    ReplyDelete
  81. Halo kak Riska, terima kasih untuk sharingnya.. kak aku mau juga untuk materinya kak, ini email ku ya ka kyesung59@gmail.com terima kasih banyak kak :)

    ReplyDelete
  82. halo kak riska terima kasih untuk sharingnya, kak aku mau juga untuk materinya kak, semoga kakak berkenan untuk mengirim ke email saya ainunizzah02@gmail.com. terimakasih banyak kak :)

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempet ngebaca komen ini, coba kalau tahun depan masih mau coba, evaluasi SKBnya. apa ada hal yg crusial dr sifat yg menganggu profesi/jabatan sebagai auditor. mungkin itu salah satunya. Semangat!

      Delete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. Assalamualaikum kak. Terima kasih atas sharingnya kak.
    Jika kakak, berkenan apakah boleh saya minta soal-soalnya dikirim kak? Ini email saya kak naurumunda2@gmail.com

    Terimakasih kak

    ReplyDelete