ASIA YOUNG SOCIOPRENEUR LEADERSHIP EXCHANGE, SINGAPORE

by - June 02, 2019

What kind of activity? 
Yap, ini semacam exchange mahasiswa yang diikuti oleh berbagai perwakilan dari negara-negara di Asia tapi dispesifikasikan untuk melatih leadership dibidang sociopreneur. Kebetulan untuk tahun 2016 bertempat di Singapore. Pernah juga di KL, Thailand, dan negara di Asia lainnya. Jelas banyak manfaat, tapi yang menantang adalah keluar dari comfort zone, did comunicate to other people with different culture even in short time. Setidaknya bisa jadi krikil loncatan (batu kegedean kali ya) kalau pengen tinggal di luar negeri. 


Gimana proses seleksinya?  
Boleh diikuti oleh mahasiswa dari jurusan apapun yang punya ketertarikan dibidang tersebut, asal lolos proses seleksi oleh panitia dari Youth Center to Act For Nation. Salah satu kegiatan dalam acara ini bertempat di National University Singapore. Tahapan seleksinya hanya diwajibkan untuk mengirimkan essay dengan tema business plan sociopreneur yang akan dilombakan dengan other candidate, pada saat judging dan awarding serta mengirimkan personal motivation letter, what did we expect to this program dan bagaimana bisa mengimplementasikannya kedalam keseharian. Jika essay dan motivation letter kita dirasa pantas untuk dikompetisikan, pihak panitia akan menghubungi dan melakukan proses konfirmasi lebih lanjut terkait data diri dan segala macamnya. As simple as that, ga pake wawancara dan printilannya tapi kuotanya terbatas.....

Apa aja kegiatannya? 
Starting by dialogue at the second day about managing a social enterprise, developed in collaboration with Price Waterhouse Coopers Singapore (taunya jadi auditor juga ), one of the Big Four Accounting Firm in the world in the first section. Also, we are chanced of having discussion about financing and managing liquidity in collaboration with Development Bank Singapore. We are going to company visit first, Social Innovation Park. Joining ASIA Young Sociopreneur Leaders Exchange focused specifically on youth will not only provide young people with a positive outlet for their ideas, but it will give them a space for healthy interaction as well as a sense of independence, self-autonomy and competence that acts as a springboard for them to become confident, dedicated change-makers throughout their lives. Terakhir, Business Plan Judging and Awarding. Karena temanya sociopreneur maka kategori yang ditekankan adalah bagaimana bisnis kita bisa mengurangi resiko sosial dengan memanfaatkan potensi sekitar. Pemenang business plan ini dari darah melayu, Malaysia, yang menangkat isu tentang bisnis kopi yang bisa melibatkan banyak pihak dengan memberdayakan masyarakat sekitar sejak mulai penanaman sampai export dengan potensinya yang luar biasa berkembang di milenial ini. Sedekahnya dapet, untungnyapun dapet, dan planningnya beneran applicable. Ya walaupun pada akhirnya bukan berkarir sebagai business woman tapi selagi muda sejauh-jauh melangkah ga ada rugi kook hahaha.



Bagaimana akomodasi dan biaya selama exchange?  
Akan ada penjemputan oleh panitia di Changi International Airport jam berapapun kita datang, room disediakan di NACLI Singapore & we dont need to worry karena semua sudah provided by panitia. Cumaa.. tiket pesawat kita modal sendiri ya (ngarep gratis boleh tp ya jangan ga modal-modal amat wkwkw) Tapi, pengalaman 2016 lalu, semua biaya sudah disponsori oleh pihak kampus (rektorat) dengan menunjukkan LoA or Letter of Acceptance bahwa memang kita telah lolos seleksi exchange tersebut. Beda kampus beda treatment sih but you should try and persuade

The last is, untuk yang berencana tinggal di luar Indonesia, it’s not gonna be easy. It’s going to be really worth the struggles. You are gonna be stronger and wiser as a human being, and you’re going to learn a lot of valuable life lessons. Dan, dengan bertemu banyak orang beda culture, beda kebiasaan, beda cara pandang akan mengajarkan kita bahwa banyak sekali orang diluar sana yang mempunyai kemampuan jauh jauh jauh diatas. So we have to stay humble (ini baru Singapore, belum UK wkwkw)

You May Also Like

0 comments